Rabu, 31 Desember 2008

SDC part I

Tulisan Pertama gw
Gw eh.. Ane persembahkan sebuah karya kurang seni dari opini dan ekspresi

Sebelum baca tulisan di bawah, para pembaca yang budiman perlu tahu kalau Sekolah saya punya agenda tiap minggu terakhir Ramadhan sebelum perpulangan bernama SDC (Semalam Di Cahaya Madani) yaitu acara pagelaran seni anak-anak SMAN CMBBS sekaligus silaturahmi keluarga besar SMAN CMBBS. Ada juga ASOCA (Aksi Sosial Cahaya Madani). sebuah aktivitas sosial anak cahaya madani buat ngebantu warga sekitar yang juga diselenggarakan di Bulan Ramadhan. So, keep reading!!!

Di ruang kelas X-1, ane kepilih jadi ketua I SDC. Ane yang duduk di kelas XI IA I ditemenin Aisy, yang sama-sama dari kelas XI IA I. Dia jadi Ketua II-nya. Si Apli, yang dari kelas XI IA II kepilih jadi ketua Umum. Tadinya susunan itu bakalan dijadiin ketua I, II, n III SDC. Tapi, berhubung kita juga punya program Baksos, si Apli di banting jadi ketua umum. Smaw, dari kelas XI IS jadi ketua I Baksos. RJ dari XI IA II jadi ketua II Baksos. Tadinya kita bingung banget, gmana ngeposisiin 2 program ntu. Setelah konsultasi ma Ust. Najwani, beliau ngusulin supaya 2 program ntu digabung jadi satu. Namanya Ramadhan Fair. Dimana ada satu program di Bulan Ramadhan dengan 2 rangkaian agenda yaitu Baksos n SDC.Ust. Najwani adalah wali asuh putra untuk kelas XII sekaligus bapak asrama putra. Ane inget beliau ngusulinnya di warung baso yang jadi penuh sampah, di sebelah warungnya Bu Dapur. Sore-sore, di situ ada Ust. Naj, ane, Apli, Esthi, RJ. Anehnya waktu konsultasi di laen waktu, kita nanyainnya pake nama RF (Ramadhan Fair), beliau gak tau. Beliau nanya apa itu RF, n siapa yg ngusulin (sungguh aneh... ?!?).
Penyusunan proposal juga gak kalah bikin pusing. Kita bikin ini, terus diusulin ke pihak sekolah malah jadi itu. Waktu kita usulin ke pihak Asrama eh.. malah jadi apa. Kita ngerasa kejebak dalam dualisme, padahal mereka punya tujuan yg sama biar acara ini sukses, cuman caranya beda.
Ane kaget banget waktu upacara bendera tanggal 25 Agustus 2008. pak kePsek ngumumin UTS jadi tgl 8 ampe 13. sedangkan Baksos yang kemudian berubah nama jadi ASOCA (Aksi Sosial Cahaya Madani) mau diadain tgl 14 hr minggu. Terus, hari itu juga. Ane, Apli, Akh Ahung, Akh Ian, Ukh Dinni yg dipandu Pak Jubed sang Pembina OSIS menghadap kePsek. Kita rapat di ruang kepsek yg gk terlalu luas, banyak bgt usulan. Mulai SDC diundur lah, ampe libur jd 3 hr (emang jadinya libur 3 hr doang). Akhirnya UTS jadi tanggal 8 ampe 12 (senin ampe jum’at) biar sabtu tgl 13, kelas 2 yg sekaligus penyelenggara Baksos bisa siap-siap. Konsekuensinya UTS jadi 3 pelajaran (tepar on the way....) dari seNin ampe Rabu. N persiapan SDC cma atu minggu.

Abis nentuin waktu SDC n ASOCA dengan perasaan gak ada yang dukung acara ini, kita nentuin struktur kepanitiaan SDC n BakSOS. Ditentuinnya di Lab yg mencakup ruang kelas XII IA I (Alcatrazz). Apli, Ane, ma Aisy, truz sang ketos Akh Ahung, wk. OSIS skligus mntan ktua I SDC taon lalu Akh Ian, ama wk OSIS II skligus mntan ktua III SDC taon lalu Ukh Hegar, ad jg mntan ktua II SDC taon lalu Akh Fahmi . Kita nentuin kepanitiaannya aja ampe telat pergi ke masjid. Panitia yg penting bgt kaya Sekretaris n Bendahara langsung dikasih tau. Sekretarisnya Rahmi ma Mo2. bendaharanya Ditha ma Ia. Perjuangan mereka hingga akhir SDC bener2 patut diacungi jempol (tangan pastinya).
Jadi dari tanggal 26 ampe 31 an gitu, kita fokus nyari dana. Yang baksos juga sibuk-sibuknya ngumpulin data. Mulai dari ngadain survei terus hujan jadi pulangnya becek-becekan, terus nonton SDC taon lalu yg bentrok waktunya ama Public Cleaning (sekali lagi kita ngerasa kalo acara ini gak diperhatiin..) ampe proposal yang Lux itu pun jadi. Briefing diadain, konsultasi mungkin bisa tiap hari. Jadinya, Apli, Ane, Smaw, Aisy, ma RJ sering keluar kelas waktu jam pelajaran. Remed pun menyatroni kita, tp qt ikhlas (bc: pasrah). Hari Selasa sore, anak Cilegon dikirim ke daerah asalnya (padahal rencananya hari Minggu sore..), terus Rabu sore anak Tangerang (rencana jam 12 siang, baru terkirim udah maghrib..), n Kamis sore buat anak Serang (ane depresi hari ini, jadi gak ikut nganterin ampe berangkat).
Liburan di rumah juga kebagi-bagi banget. Ane yg anak Lebak nyari dana mulai hari Senin, ampe ane tlat balik ke CMBBS. Trnyta dari hari Kamis sore, ampe Sabtu yg dijadwalin ada KBM, (hampir) kosong bin vakum sama sekali. Apli, yg rambutnya (tambah) kriting n Aisy dengan program KPPSKPPS (Kurus Pada Pidato Sambutan Ketua Panitia Pas SDC), juga kayanya (agak) kurus beneran. Ane yg kadang depresi kadang semangat, milih diem kalo depresi. Nge-print proposal dilakukan dengan di Ruangannya Ust. Apip, yg tadinya markas (gak jelas) kita di ruang Pak Heri di Kelas Science Saiya (XII IA II), otomatis pindah. (kLo tiap depresi ane tmbh ganteng, ane psti gnteng bgt saat ni). Ust. Apip adalah makhluk berkacamata penunggu Server sekaligus orang yg berperan dalam proses printing proposal SDC n ASOCA.

Mulai dari hari yang gak jelas kapan, kita ngebajak ruangannya Ust. Apip buat ngedit, nge-print porposal, surat n sgala macem bwt RF. Ada Rahmi n Aisy yg ska nulis2 kalimat penyemangat. Walaupn udah pindah markas, jayusnya Apli gk abis2. Malahan Ust. Apip juga kebawa jayus. Jadi gampang kalo mau ngecek kebersamaan kita semua di RF, tanyain aja atu-atu org2nya. Pada jayus atw gk. Kalo jayus, berarti Apli telah berhasil memersatukan CMBBS di bawah kejayusannya. (hipotesis yg aneh,,,)
Ngeprint proposal dibikin pake kertas Concord, sampulnya pake kertas poto, jilidnya jilid spiral (yang bikin susah Irpan bwt ngejilid), n tanda tangan Apli yg tadinya kaya cacing lagi aerobik sekarang jadi keren. Kalo ane, tanda tangan ane masih sperti yg dulu (gaya cacing kremi lagi cacingan). Ngeprint proposal dilakuin ampe jam 3, 4, 5 pagi. Jadinya waktu jm plajaran, mata Aisy yg udah sipit jadi ngebentuk atu garis lurus klo dy ktduran di kelas. (hehehe...)
Tanggal 14 ASOCA diadain dari pagi ampe malem n sukses besarrrrr. Semuanya bahagia banget, atu program udah kelar tinggal atu lagi. Semuanya berpaling ke ane atw Aisy dengan tatapan mata yang aneh seolah-olah berkata “ This is your turn! ”. Stresnya Apli udah berkurang setengah, n menurut sumber Smaw ma RJ bahkan tereak-tereak di sebelah gedung kelas. (hnya sbuah ekskresi eh.. ekspresi)
Tanggal 15 hari senin, H-7 menjelang SDC, belum ada apa-apa yg terpasang. Mungkin, itu yg nyebabin beberapa orang bertanya-tanya kapan SDC mau ada, atau kagak. Malemnya Apli ngadain evaluasi Baksos sekaligus ngingetin kalo SDC udah deket (banget bin jiddan).
Masalah yang gak kalah ramenya yaitu dana. Separo dana yang kita punya udah dibeliin buat triplek anak dekorasi krna ntu penting. Beberapa utusan konsulat juga dikirim balik buat mastiin dana yang akan bener-bener kita dapet. Hasilnya, nggak terlalu memuaskan. Namun kita nggak patah semangat. Apli bilang dana segitu harus kita kondisiin buat SDC beneran. Sbenernya, dana yang kita punya gak cekat2 amat. Cuman, kita langsung pake dana yg kita punya bwt keperluan yg mendesak.

Hari Selasa ada Seleksi bwt acara SDC. Karena kesibukan kita sbg panitia, acara dari CG gak lolos seleksi. Apji (the bewok kncir angin) n mbak Res, sang penggagas acara agak kecewa juga. Malemnya sebagian dari kita kerja lagi ampe malem, otomatis trio Apli, Aisy n Ane juga gak tidur ampe sahur. Momo n Rahmi juga ada, ikutan gak tidur bwt ngeprint surat undangan. Beugh.. ismuhu perjuangan
Hari Rabu, kerangka background udah mulai dipasang. Pemasangannya yg melibatkan Cleaning Service (Pahlawan Kebersihan) kaya Mang Omo, Mang Apud, Mang Ros, n Mang Marta ntu emang berat. Malahan, mang2 tsb kerja ampe sahur. Ust. Asep atow Ust. Rijal atow Ust. Naj gntian nungguin mereka.Ust. Asep adalah wali asuh kelas putra XI, dan Ust. Rijal wali asuh putra kelas X. Mereka menetap di SMAN CMBBS jg. Bag persidangan n peralatan juga sibuk-sibuknya nyiapin “taman onta tanpa gabah”nya. Taman dengan konsep padang pasir ber-onta ntu terlihat subur dengan adanya tanaman tropis dan kolam. (namanya juga ekskresivitas eh.. kreativitas)
Hari Kamis ada lagi Gladi Kotor. Kerangka background yang udah selese, mulai ditempelin ama hasil ekskresinya eh… kreasinya anak dekor. Ngmong2, anak dekor yg diperbudak ama Malo ntu kerjanya cepet jg. Kalo ane dateng ke sarangnya, mereka kdg2 keliatan santai banget. Ada yg cengengesan lah, ada yg maenin korek api lah, ada yg ledek2an lah, untungnya gak ada yg gorok2an. Ternyata mereka mampu menyelesaikan pengecatan selama krg/lbh 2 hari setelah pembuatan sketsa. Jgn2 mrka dibantu jin2 di Lab Kimia kaya Cerita TangkubanParahu atow Koordinator Dekornya sndiri adalah peranakan Jin. (who knows?)
Hari Jum’at, sound system dr SLB kgk jd dteng krna tukang ngopreknya gak ada. Jadi Gladi Bersih hari ntu gak dilengkapin ama sound system. Stress terpampang di muka Alip. Dita juga gak kalah, karena sound system jadinya nyewa hingga pngeluaran nmbah lg. Namun, ada jg obat’y. Pemasangan background selese, taman juga tnggal nunggu gabah. Kursi2, sound system juga dateng besok. Ngeliat background yg sebegitu kerennya, ane puas. Waktu nyiapin pidato bwt sambutan ama Apli, n Aisy, ternyata Ust. Adin n Ust. Mursani udah hadir. Serasa ples-bek.

Sabtu, everything just begins…
Hari sabtu pagi, ane bangun agak telat karena tidur abis subuh. Gladi bersih waktu hari jum’at bisa dinyatakan kurang berhasil. Gladi yg tadinya mau mulai jm stngah 2 baru mulai jm stngh 3. Sorenya (msh hr jum’at), Ust. Asep dateng n langsung nge-handle gladi. Semuanya diganti jadi latihan masuk n keluar. Dari abis opening ampe acara penutup.
Sabtu pagi dikhususkan latihan bwt Opening. Ane agak mesem2 gak jelas kalo ngeliat Aisy yg bw bendera, partnernya Dita lagi. Hehehe... Opening dimulai dari awal ampe beres. Udahnya, Ust. Adin langsung ngumpulin kita n ngedit ntu Opening. Mulai dari cara bawa bendera, piala, ampe obor. Gak tau nape, ane jd ikut2an bawa obor. Opening yg udah diinstruksiin ama Ust. Adin dijalanin dlm sesi latihan kedua, hasilnya emang lebih baik. Irpan (baca: Ucup) jadi agak legaan. Opening pun beres. Hingga akhirnya kursi, sound system, gabah, n beberapa perlengkapan laennya dateng, kita masang-masangin ntu smwa. Abis dzuhur ada kumpul ma Ust. Adin di perpus, ane gak ikut ngumpul, abisnya telat gara2 ketiduran d kamar yg bentuknya kaya daerah konflik itu.
Beberapa orang tua ada yng dateng sebelum Ashar. Acara pertama yaitu Smart Parenting bersama babehnya Alip, dikabarkan sukses dengan Mia sbg MC. Abis ashar, trio Apli, Aisy, n Ane masih dibingungkan dengan pidato sambutan. Waktu latihan di depan Ust. Adin n Ust. Rijal aja masih bnyak salahnya, mslnya kurang senyum gitu lah. Akhirnya kita pasrah.
Sebelum maghrib, bapak ane dateng. Begitu juga beberapa tamu n spesies orang tua laennya. Sajadah pun digelar untuk para orang tua. Orang tua n tamu shalat maghrib di lapangan. Siswa-siswi shalat n makan d asrama masing2. Udah shalat, ane mulai malakin sajadah anak ikhwan atu2, karena shalat tarawih akan dilaksanakan di lapangan, kita butuh lebih banyak sajadah. Bahkan kapret di ruang kelas juga ikut di embat buat shalat.

Sebelum shalat tarawih kita juga dibingungkan dengan siapa Imamnya. Ust. Rijal yg udah bejuang dari pagi ampe maghrib, terkapar sakit. Sehingga tugas sbg Imam diserahkan pada Ust. Adin. Ketika shalat ternyata kapret yg disediakan masih kurang, sehingga beberapa ortu n siswa harus shalat di atas lembaran koran di samping alat-alat rampak bedug. Ane aj shalat Tarawih dibarisan paling belakang seabis ngatur kapret2 lain.
Seusai shalat tarawih, Apli yg udah menyambar mic langsung mengomandokan agar kapret n sajadah dilipat dan kursi-kursi segera ditata. Gerakan kilat menyapu lapangan ntu pun dilaksanakan semua siswa, gak hanya kelas 2 aj, tapi juga kelas 1 n kelas 3. Dalam waktu kaya gini, kebersamaannya berasa banget. Berasa capeknya. Orang tua n tamu pun duduk. Semuanya siap.
The Show Begins…
Pertamanya, ada susunan acara yg d bcain ma trio MC setinggi lbh dr 5 kali penggaris 30 centian : RJ di sisi kiri, Pirli (kls 1) di sisi kanan, n Angga di tengah. Setelahnya, giliran Apli, Aisy n Ane ngasih sambutan yg sebelumnya udah latihan berkali-kali. Di panggung, gak tau nape kita lancar semua. Ane jd nostalgila inget public speaking taon lalu ma Angga, Egi, n Yosi. Udah beresnya, ane ke belakang panggung. Di belakang, Muhriji lagi sibuk2nya nyari orang yg mw dikorbanin bwt nyalain petasan di atas background. Tanpa alasan yg jelas atow karena malem Jum’atnya ane gak tidur, ane memberanikan diri bwt nyalain petasan-petasan ntu.
Serasa sepidermen (kurang makan), ane manjat kerangka backgroundnya dgn lancar (dan laper). Sesampenya di atas, ane kira bakal langsung nyalain petasan. Ternyata ane masih nunggu beberapa sambutan yg panjangnya tidak terkira. Ane ngeliat dari atas, kalo jatuh, bisa berantakan badan ane yg ghairu six pack ni. Ane juga kaget ada bocah yg mw melakukan percobaan pembunuhan pada ane (n Mumu) dgn menggoyang2kan penyangganya. Untung Resti dgn ajiannya berhasil mengusir bocah itu, n hidup ane (n Mumu) msih terjamin.

Setelah menunggu agak lama, Mumu ngasih komando bwt nyalain petasannya. Salahnya, ane dibekalin lilin n korek api ma cResti. Petasan yg pertama sukses meledak, yg kedua ane kesusahan krn lilinnya tewas. Yawda, ane pake korek api bwt nyalain petasannya. Setelah nyala, krena kawat yg diiketin Mumu ke ntu petasan gak kuat, petasan yg nyala itu jatoh ke bawah n meledak secara liar di bawah. Tidak ada korban jiwa, namun yg di bawah (Kbnykan anak padus) pada tereak-tereak krna ada petasan. Krna trgedi petasan, suara anak padus bner2 padus (pada rusak) dikit. Sebelum ane nyalain petasan yg atu lagi, Mumu ngasih komando bwt berhenti. Katanya bwt Tarkom aja. Yauda, daripada ada korban jiwa, ane pun turun.
Opening beres, n berlanjut ke acara-acara selanjutnya. Karena nggak ada kerjaan, ane turun tahta n bantuin Sie persidangan n peralatan bwt nyiapin alat-alat pementasan. Di depan perpus banyak spesies manusia dgn gugupnya, PDnya, n bau badannya mau tampil di atas panggung. Udah beberapa penampilan, Ust. Najwani dateng ke belakang panggung. Acara kita terlalu banyak waktu kosongnya. Ane manggut2 n berusaha ngerti bahasanya Ust. Naj. Di depan perpus ada Awwa yg sbg Sie acara langsung ane tanyain. “ Acara abis ini apa ? “,“ Apa aja yg dibutuhin ? “,” Acara ini udah siap belon ? “ tp ane gak nanya “ si Boni udah mandi belon ? “. Mungkin krna takut, Awwa manggut2 aja. Beberapa acara kaya Drama kelas XII akhwat butuh meja, Folksong butuh kursi, Puter butuh Mic, Komedi kelas XII butuh yg ngangkatin lemari2an, (n Ane sndiri yg butuh makan) udah di konfirmasi sebelumnya. Walau pun masih agak banyak kosongnya, tapi acaranya lancar.
Seabis Opening ada Public Speaking yg dibawain ma Egi, Fauzan (kls 1), Veza (kls 1), n Rini (kls 1). Pidato mrka bagus, sayangnya diwarnai ama suara mic jatoh, n terlupakannya beberapa teks. Seabis PS, ada Rampak Bedug yg dibawain ma klaz XII. Perjuangan bwt dapetin alat2 rampak bedugnya sndri gak gampang. Siang-siang hr selasa ane ma Al-Akh Fahmi k SMP 2 Pndglang pke motor Sepin Ust. Apip bwt mnjem, ternyata gak da spa2 n cma ada pnjaga skul doang. Yawda surat’y kita kasi ke ntu pnjaga skul. Krna pak Soleh yg knal ma Kepseknya, maka kta pun dpt alat rampak bedug ntu. Dngan fulus 250rb bwt gntiin bagian yg rusak kmren, pnimplan klaz XII kren jg.

eH... Nyambung lagi yak...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar